Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

By | May 6, 2019

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Selamat datang kembali di website kami, Manfaat Tanaman Obat Herbal. Di laman kali ini kami, akan berbagi informasi mengenai Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa.


Bingung Mengatasi Cegukan Saat Puasa? Simak Informasi Berikut Ini Hingga Tuntas

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa – Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing, atau bahkan sering mengalami keluhan cegukan ini bukan. Cegukan atau singultus merupakan kondisi dimana seseorang mengeluarkan bunyi “hik” tanpa disengaja. Kondisi ini bisa terjadi selama beberapa detik, menit bahkan hingga berkepanjangan hingga lebih dari 48 jam. Tidak hanya orang dewasa, bayi dan anak-anak juga bisa mengalami cegukan.

Tidak hanya mengakibatkan suara “hik” cegukan juga bisa menimbulkan tekanan pada bagian dada, perut serta tenggorokan. Cegukan ini terjadi saat otot yang memisahkan perut dan dada berkontraksi tanpa disengaja. Anda perlu waspada jika mengalami cegukan dalam jangka waktu lama lebih dari 2 hari. Hal itu bisa jadi gejala kondisi berbahaya, seperti :

  • Gangguan sistem pencernaan – contohnya : tukak lambung, kanker pankreas, gastritis, kanker lambung, penyakit radang usus, penyumbatan usus hingga radang hati.
  • Adanya masalah pada saraf – seperti : akibat peradangan saluran napas, munculnya tumor atau kista di leher.
  • Gangguan pada otak – dari mulai stroke perdarahan, radang atau infeksi otak, tumor otak, hidrosefalus dan banyak lagi yang lainnya.

Ada berbagai tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cegukan, salah satu yang sangat terkenal dan banyak digunakan ialah dengan minum air putih hangat.

Namun bagaimana jika Anda mengalami cegukan ini saat sedang berpuasa? Minum air putih justru bisa membatalkan puasa bukan? Jangan khawatir, kami akan berikan informasi mengenai cara mengatasi cegukan saat puasa.

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Banyak hal yang bisa memicu terjadinya cegukan saat puasa, seperti : makan sahur kebanyakan atau terlalu cepat, menelan udara seperti karena makan permen karet, minum minuman bersoda, hingga terjadi perubahan suhu yang mendadak. Cegukan juga ternyata bisa terjadi karena : stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat. Tidak dengan minum air, Anda bisa mengatasi cegukan saat puasa dengan :

1. Tahan Napas

Yang pertama ialah tahan napas, ambil napas dalam dengan hidung. Kemudian tahan napas selama sepuluh detik. Lalu hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai 3 atau 4 kali. Lakukan hal ini setiap 20 menit jika cegukan belum juga hilang.

2. Duduk Memeluk Lutut

Cobalah untuk dudu dengan posisi kaki ditekuk, kemudian peluk lutut sembari mencondongkan badan ke depan seperti mau meringkuk. Tahan posisi ini selama kira-kira 2 menit, posisi ini akan memberikan tekanan di area diafragma Anda. Agar udara yang terjebak bisa keluar.

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi cegukan saat puasa yang ke-3 ialah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian leher hingga perut supaya organ dalam bisa berfungsi kembali dengan normal.

4. Pijat Arena Ulu Hati

Anda bisa mencoba mengatasi cegukan ini dengan memijat di sekitar area ulu hati, otot diafragma biasanya berada di bawah area tersebut. Sehingga jika kita memijatnya dengan lembut sekitar 20-30 detik, diharapkan cegukan bisa segera mereda.

5. Bernapas Di Dalam Kantong Kertas

Cara selanjutnya, ialah dengan bernapas di dalam kantong kertas. Gunakan kantong kertas untuk menutupi mulut serta hidung, dan cobalah untuk menghirup udara dari kantong kertas ini hingga otot-otot diafragma kembali lemas. Jangan gunakan kantong plastik, sebab justru akan menempel pada mulut saat kita mengambil nafas. Sehingga tidak bisa digunakan untuk meredakan cegukan.

6. Melakukan Peregangan Tubuh

Terakhir ialah dengan melakukan peregangan pada tubuh, berdirilah dengan posisi tegak dimana kaki dibuka selebar pinggul. Angkat dagu Anda dan lihatlah ke atas. Regangkan kedua lengan Anda dengan mengangkat tinggi-tinggi serta tarik otot perut sambil bernapas dalam-dalam selama beberapa kali.

Jangan anggap sepele cegukan sebab bisa mengakibatkan komplikasi berbahaya. Dari mulai : Rasa tidur tidak nyaman, kurang tidur, sulit makan, penyakit asam lambung (GERD), dan banyak lagi yang lainnya. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat. Anda juga bisa mengatasi cegukan apapun penyebabnya ini dengan produk herbal QnC Jelly Gamat. Yang 100% terbuat dari bahan alami, dan sudah tidak diragukan lagi khasiat atau manfaatnya. Informasi lebih lanjut silahkan klik -> Agen Resmi QnC Jelly Gamat

Baca juga :

Manfaat Sari Kurma Untuk Tipes

Manfaat Habbatussauda Untuk Lambung

Ciri Ciri Darah Rendah Dan Cara Mengobatinya

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kecerdasan Otak

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Penyakit Asam Urat

Posted by : Manfaat Tanaman Obat Herbal

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *