Manfaat Pegagan Untuk Luka

By | August 28, 2018

Manfaat Pegagan Untuk Luka

Ketahui Inilah Manfaat Pegagan Untuk Luka Dan Cara Membuatnya!

Manfaat Pegagan Untuk Luka

Manfaat Pegagan Untuk Luka – Agaknya semua orang pernah mengalami luka baik luka luar atau dalam, baik karena jatuh dari sepeda, jatuh, teriris pisau atau yang lainnya. Rasa sakit atau nyeri akibat luka ini bisa bervariasi tergantung keparahan serta lokasi luka itu sendiri. Untuk luka yang masih tergolong ringan Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah, dengan cara membersihkan-nya secara rutin dengan :

  • Membersihkan luka dari kotoran yang mungkin menempel dengan air mengalir atau cairan antiseptik hingga bersih.
  • Mengoleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembab, guna mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi.
  • Menutup luka dengan kasa steril yang lembut serta ganti tiap hari.
  • Hindari luka dari paparan sinar matahari, serta hindari penggunaan bahan-bahan pembersih seperti alkohol, yodium dan lainnya,
  • Bila terdapat memar atau bengkak, sebaiknya kompres dengan es.

(Baca juga : Khasiat QnC Jelly Gamat)

Selain menggunakan salep pengering luka yang sudah diberikan oleh dokter. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai bahan herbal alami disekitar kita untuk dijadikan obat pengering luka alami. Dan salah satu tanaman herbal yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk luka ialah pegagan atau dikenal juga sebagai antanan.

Tanaman herbal satu ini merupakan salah satu jenis tanaman yang jarang diperhatikan, padahal dalam pegagan terdapat banyak khasiat luar biasa untuk tubuh. Selain mampu membantu mengerikan luka secara alami, pegagan juga mengandung banyak khasiat lainnya. Seperti : mengurangi kecemasan (stres), membantu melancarkan peredaran darah, mengobati demam, mengatasi alergi, mencegah gangguan salah urat. Meningkatkan kecerdasan tak atau IQ, baik untuk kesuburan dan lainnya.

Alasan Dibalik Manfaat Pegagan Untuk Luka Dan Cara Membuatnya

Seperti yang sudah banyak diketahui tanaman herbal pegagan ini sangat baik untuk membantu mengatasi luka secara alami. Tahukah Anda apa sebenarnya yang membuat tanaman ini sangat bermanfaat untuk luka? Dalam sebuah penelitian diketahui bila dalam pegagan terdapat banyak kandungan berkhasiat. Seperti : asiaticoside, brahmoside, brahminoside, carotenoids, centelloside, isothankuniside, madecassoside, hydrocotylin, vellarine, tanin. Kalium, kalsium, natrium, magnesium, hingga besi.

Tidak hanya itu kandungan bernama asiaticoside yang ada dalam daun pegagan ini oalah antilepta serta mampu menyembuhkan luka sangat luar biasa. Dalam agenda riview studi klinis serta praklinis tentang sifat farmakologi dalam tanaman pegagan. Tim peneliti dari India mencatat bila beberapa hewan dari penelitian menyiratkan obat herbal ini sangat efektif untuk menyembuhkan luka.

Cara Mengobati Luka Menggunakan Daun Pegagan

Tanaman satu ini sangat baik untuk mengobati luka kulit seperti luka parut, luka iritasi, luka sayatan, dan lainnya. Dan cara membuatnya pun terbilang cukup mudah yakni dengan :

  • Pertama sediakan terlebih dahulu satu genggam daun pegagan segar,
  • Lalu cuci bersih sebelum digunakan,
  • Bila sudah tumbuk hingga halus atau bisa juga dikunyah lalu di mulatkan,
  • Setelah itu tempelkan daun pegagan halus tadi pada area tubuh yang terkena luka.

Itulah tadi informasi mengenai manfaat daun pegagan untuk luka, tidak hanya itu ternyata banyak lagi tanaman herbal alami disekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka secara alami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanaman apa sajakah itu silahkan klik -> Obat Herbal Pengering Luka

Baca juga :

Obat Herbal Epilepsi

Obat Infeksi Saluran Kemih Alami

Cara Mengobati Miom Secara Alami

Obat Jerawat Tradisional Yang Ampuh

Obat Pengering Luka Paling Ampuh

Posted by : Manfaat Tanaman Obat Herbal

Manfaat Pegagan Untuk Luka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *